Hindari menjual Smartphone  lama anda sebelum baca ini,  cek faktanya! – Bacaaja.com

Bacaaja.com, Medan – Kemajuan Teknologi berkembang begitu pesat, tidak terkecuali perangkat Smartphone yang selalu menemani keseharian kita dengan setia. Semua pabrikan handphone berlomba – lomba dalam hal inovasi.

Setiap tahun ada saja tipe terbaru dan fitur yang canggih disetiap peluncuran telepon pintar mereka, membuat masyarakat ingin memilikinya walaupun perangkat lama masih cukup mumpuni. Bagaimana nasib telpon pintar yang lama? Ada yang menjualnya di marketplace atau bahkan membuangnya begitu saja sebagai limbah.

Mengutip pernyataan dari BSSN yaitu Badan Siber dan Sandi Negara tidak menganjurkan untuk menjual kembali perangkat smartphone bekas yang kita miliki. Lohh..kan buat untung ? kok dilarang sih..

Pihak BSSN Sandromedo Christa Nugroho selaku ketua Tim Insiden Siber Sektor Keuangan memberikan klarifikasi bahwa ada sejumlah alasan dibalik tidak disarankan menjual kembali perangkat lama yang sudah tidak terpakai baik itu berupa Laptop atapun telpon pintar.

Pendapatnya mengatakan, ada hal- hal yang dapat merugikan jika tetap ingin menjual perangkat lama yang dimiliki, sejumlah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkan celah keamanan untuk mengambil data maupun dokumen rahasia yang tersimpan didalam perangkat walaupun telah dihapus.

Pada umumnya dengan melakukan Hard Factory Reset secara mandiri sebelum menjualnya sudah dirasa aman dan data sudah hilang, tetapi yang perlu diketahui adalah ada suatu teknik yang dinamai dengan Recovery. Yaitu proses pemulihan data yang telah dihapus maupun telah dilakukan factory reset masih dapat dipulihkan.

Penyebabnya adalah disebabkan hakikat penyimpanan yang ada terbagi menjadi 2 yaitu Random Access Memory (RAM) yang bersifat sementara yang digolongkan menjadi memori Volatile dan akan terhapus otomatis jika tidak adanya daya. Selanjutnya memori yang datanya dapat ditulis serta dihapus, dan bersifat tetap masuk ke dalam golongan memori non volatile tidak akan terhapus walaupun daya dalam kondisi mati.

Oknum nakal yang ingin mencuri data rahasia seseorang dapat menggunakan teknik digital forensik dalam memulihkan data walaupun telah dihapus pemilik sebelumnya menggunakan factory reset. Bisa kamu bayangkan bahayanya? Resiko tersebarnya data pribadimu ke orang lain merupakan kerugian yang dapat diterima entah itu data penting perusahaan atau sejumlah dokumen pribadi yang bersifat privat.

Langkah antisipasi yang dapat dilakukan adalah dengan pengganti perangkat penyimpanannya sebelum niat untuk menjual kembali barang bekas  lamamu agar tetap berjalan mulus, atau bahkan tidak menjualnya sama sekali untuk menghindari kerugian yang besar di masa mendatang.

One thought on “Hindari menjual Smartphone  lama anda sebelum baca ini,  cek faktanya! – Bacaaja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *